Friday, 2017-10-20, 5:09 PMWelcome Guest

Ez Zamachsyary Site

Main » 2008 » June » 28 » Ramadhanku di Negeri Nabi Musa A.S.
Ramadhanku di Negeri Nabi Musa A.S.
7:29 AM


Cairo,21 September 2007

Ini adalah tahun ketiga Ramadhanku di Negeri Pyramid,tidak terasa ternyata aku sudah hampir tiga tahun pergi meninggalkan Indonesia,tanah air tercinta,yang akan selalu di jiwaku, Oktober 2005 bertepatan dengan pertengahan ramadhan aku tiba di Cairo,kedatanganku membawa segudang pertanyaan dan keingintahuan yang sangat besar,teringat ketika pertama kali menginjakan kaki di Cairo International Airport,aku mencium udara yang aneh,merasakan hawa dingin yang menusuk,kebetulan waktu itu mulai musim dingin,musim yang tidak ada di Indonesia,...ramadhan pertamaku di negeri seribu menara membawa perubahan negatif yang signifikan,aku menjadi free man,manusia yang bebas melakukan apa saja tanpa di ketahui oleh orang tua,...kehidupan di negeri ini selama ramadhan sangat islami,di bulan ini kita merasa memiliki banyak saudara,..kita memiliki banyak orangtua yang senantiasa memelihara sahur kita dan memperhatikan buka puasa kita,orang orang disini kalau sedang baik,bukan main..dia akan menghujani kita dengan pujian,tapi jangan pernah membuat masalah dengan orang Mesir karena telinga kita akan disumbat dengan sumpah serapah yang tak layak diucapkan oleh seorang muslim kepada sesamanya,
pernah ada satu cerita,ketika tanggal 30 Ramadhan 1427 H/tahun 2006,..ketika itu saya pergi menuju toko foto copy di wilayah H-7,ketika sedang berjalan membawa kertas di tangan kanan dan menjinjing tas di lengan kiri,tiba tiba ada sebuah mobil sedan Fiat berhenti di tepat di samping saya,didalamnya ada seorang manusia yang usianya terhitung tua dilihat dari raut muka dan cara bicaranya,tampangnya seperti seorang alim yang baik hati,kemudian dia berkta,"Ta'ala ya'bni..!" kemudian dia menyodorkan selembar uang 50 Le (setara dengan uang Rp 90.000).dia berkata "Id sa'id..",alhamdulillah,dan kejadian seperti itu tidak hanya terjadi di bulan ramadhan saja,..pernah suatu ketika teman saya hendak pergi keluar Cairo,di dalam bis,dia bertemu dengan seorang wanita yang memakai pakaiaan serba hitam yang menutupi seluruh tubuhnya,kecuali mata,wanita tersebut memberikan sejumlan uang kepada teman saya dengan jumlah uang yang sama,seperti yang saya terima,
itu adalah rizki yang tidak diduga,ada juga rizki yang diduga dan banyak,..saya tinggal serumah dengan orang orang yang saleh,mereka rajin ke mesjid,nah di mesjid itulah bertemu dengan para dermawan yang mencari tempat untuk..
membagikan sebagian hartanya,

Lebaran Pertama di negeri seribu menara ini,tidak terlalu berkesan,karena waktu itu aku masih anak baru (sekitar setengah bulan) jadi yang kefikiran waktu itu,hanya perasaan kangen aja sama sanak saudara di Tanah Air,..kalau waktu di Indonesia sehabis shalat Ied kita selalu berkumpul dengan sanak saudara sambil menyantap makanan special Iedul Fitri seperti ketupat sayur dan opor ayam khas Nenek,..tapi setelah berada di negeri orang,aku tidak bisa merasakan suasana indah tahunan itu,meskipun kita disini juga masak habis2an untuk makan setelah Shalat Ied tapi tetep aja suasananya ga seindah waktu di Rumah Nenek,...apalagi waktu lebaran tahun itu pas lagi musim dingin,suhu udaranya sangat menusuk sehingga kita shalat mesti pake jaket dan baju berlapis2 kalo engga,...emhh...rasain tuh dingiin,...
waktu itu shalat ied di Mesjid As Salam,yang ngadainnya adalah Panitia yang di bentuk oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Cairo,jadi semua Warga Negara Indonesia yang berada di Mesir (di Kota Cairo khususnya) semuanya shalat disana,khutbahnya pake Bahasa Indonesia,durasinya sekitar 1 jam,abis shalat Ied kita semua menyantap makanan yang telah disediakan di samping mesjid,menu makanannya juga beraneka ragam karena yang bikinnya juga dari berbagai Provinsi,orang Sunda bikin makanan khas sunda,orang jawa bikin makanan khas jawa,orang jakarta juga,..pokoknya aneka ragam deh,...jadi kita bisa milih,...enak banget,..tapi tetep aja makannya ga konsen,..mau konsen gimana atuh da,udaranya dingin banget pegang nasi aja tangannya bergetar,..ih anyway mungkin itu kali yang berkesan dari lebaran pertama saya di negara Nabi Musa AS ini,..abis shalat ied dan makan2 semuanya pada balik ke rumah masing2,dan...ya melanjutkan mimpi yang tadi pagi sempet terpotong,..intinya back to bed...;)).lebaran disini mah da kaya gitu,..mau gimana lagi coba,..silaturahmi udah tadi di mesjid,..da anak baru mah g terlalu banyak kenalan,jadi klo orang lain mah kesana kemari salaman sambil ngucapin "mohon maaf lahir dan bathin" (banyak dosa kali yaa...) kita mah da duduk aja sambil makan,...kaya orang yang ga punya dosa aja,...amiiin....

 
Views: 437 | Added by: naza | Rating: 0.0/0 |
Total comments: 0
Name *:
Email *:
Code *:
Login form
News calendar
«  June 2008  »
SuMoTuWeThFrSa
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930
Search
Site friends
Our poll
Rate my site
Total of answers: 7
Create a free website with uCoz